Desain Pemodelan Grafik dalam kebudayaaan

Kamis, 17 November 2011



Indonesia adalah negri yang kaya, kaya akan pulau,suku bangsa, agama dan berbagai budaya. Indonesia kaya akan sumber daya alam yang sangat berlimpah. Bukan hanya sumber daya alamnya saja tapi sumber daya manusianya pun tidak kalah dengan Negara lain dalam bidang apapun, termasuk dalam bidang yang sangat pesat perkembangannya saat ini yaitu bidang teknologi.

Semua orang sedang berlomba-lomba untuk menunjukan kreatifitas mereka dalam bidang teknologi. Bukan hanya mengembangkan teknologi pada penggunaan atau menyajikan kemudahan dalam media elektronik saja seperti handphone atau laptop.  Sekarang teknologi sudah berkembang dalam segala hal misalnya pengembangan teknologi dalam kebudayaan.

Jika kita mendengar kata budaya pasti identik dengan adat istiadat, jaman dahulu dan kuno. Tetapi sekarang budaya sudah berkembang menjadi sesuatu yang lebih modern. sekarang para seniman sudah menggunkan teknologi untuk karya seni mereka. misalnya saja puisi sekarang puisi bukan hanya berupa tulisan yang tersusun dari kata-kata yang mengandung arti tetapi juga dapat ditambahi animasi atau sound effect sehingga puisi tersebut dapat menarik untuk dibaca dan dimengerti maknanya.

Bukan hanya puisi digital adapula seniman seni rupa yang membuat lukisan-lukisan. untuk  menggambar atau mendesain gambar bisa menggunakan teknologi misalnya desain batik atau desain kaligrafi. sekarang para pembuat batik ataupun lukisan kaligrafi banyak yang menggunakan teknologi untuk mendesai gambarnya karena dengan menggunakan teknologi desain akan lebih cepat selesai dan konsumen atau pembuat akan lebih mudah untuk membuat desain yang diinginkan sehingga konsumen dan produsen akan sama-sama diuntungkan.

Dalam pembelajarn kita biasanya menggunakan simulasi sebelum terjun langsung pada kenyataannya. misalnya saja untuk bermain alat musik gamelan untuk mengajarkannya kepada anak-anak akan lebih mudah untuk memberikan simulasi misalnya saja dengan virtual gamelan. virtual gamelan adalah bermain alat musik gamelan dengan gamelan tiruan yang dibuat menggunakan komputer berupa software. karena softwarenya mudah didapat akan lebih mudah juga untuk mengajarkannya keanak-anak sehingga dapat juga melestarikan budaya.






0 komentar:

Posting Komentar