Membuat Animasi atau Objek Bergerak Menggunakan E Toys

Senin, 12 Desember 2011


E toys adalah salah satu software untuk membuat animasi (objek yang bergerak). Di Negeri dimana E toys dibuat, E toys digunakan atau biasanya diperuntukkan untuk anak-anak sebagai media pembelajaran sekaligus sebagai media untuk mengembangkan khyalan dan kreatifitas mereka dalam pembuatan animasi.

Setelah saya melihat dan mencoba membuat animasi di E toys saya baru tahu kenapa diluar Negeri sana E toys banyak digunakan anak-anak untuk membuat animasi karena e toys memang lebih sederhana dan anak-anak memang akan lebih cepat dalam memahaminya. Dalam membuat animasi kita terlebih dahulu membuat objek dan membuat objeknya sangat mudah membuat objek di e toys sama seperti menggambar atau membuat objek menggunakan paint yang dibutuhkan kreatifitas. Dan untuk membuat objek itu bergerak memang sedikit agak rumit dibandingkan dengan membuat objeknya apalagi jika kita baru pertama kali menggunakannya. Tetapi Jangan khawatir e toys memiliki tutorial dan juga contoh-contoh animasinya sehingga kita bisa lebih cepat paham. Saya pun awalnya mengalami kesulitan untuk memahaminya tapi setelah mempelajarinya saya mulai paham bagaimana menggunakannya. Bedanya orang dewasa dan anak-anak dalam mempelajari e toys ini adalah orang dewasa tidak perlu seseorang untuk mengajarkannya tetapi anak-anak membutuhkan seseorang untuk mengajarkanya akan lebih cepat paham.

Dalam pembuatan animasi di Etoys lebih mudah dibandingkan dengan mengunakan software lain. Untuk membuat objeknya saja kita seperti menggambar menggunakan paint dan untuk membuat objek bergerak hanya drag and drop perintah yang sudah tersedia.

Okeh sekarang kita mulai membuat animasinya.
  
  • Langkah pertama yaitu kita buka terlebih dahulu aplikasi Etoys dan pilih make a project untumembuat animasinya. 

  • Setelah itu buat paint dengan memilih icon cat dengan kuas seperti yang ditunjukkan anah dibawah ini


  • Buat objek yang diinginkan disini saya membuat objek kura-kura seperti gambar dibawah ini Setelah membuat objek klik keep seperti yang ditunjukkan panah pada gambar itu berfungsi untuk menyatakan bahwa gambar siap digunakan dan siap lanjut ke tahap berikutnya.




  • Setelah itu klik kanan pada objek yang dibuat dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini Dan pilih icon yang bergambar seperti mata yang ditunjukkan oleh panah pada gambar.


  • Setelah memilih icon tersebut maka akan keluar gambar seperti dibawah ini. Aturlah sesuai keinginan objek akan digerakkan seperti apa. Dan perintah bisa dipilih pada kotak yang sudah ada drag and drop saja perintah itu dan pindahkan pada sisi lain dia akan membentuk kotak lain yang nantinya akan berupa perintah-perintah yang akan dilakukan oleh objek.



  • Untuk membuat background seperti gambar diatas klik kanan saja pada backgroundnya dan akan muncul gambar seperti dibawah ini dan pilih icon pain background.

        Dan akan muncul seperti gambar dibawah ini maka hiaslah sesuai keinginan anda



  •  Maka seperti inilah hasil dari pembuatan animasi yang sudah saya buat. Setelah selesai membuat animasi jangan lupa simpan file yang sudah kita buat dengan cara seperti dibawah ini.







Didalam pembuatan animasi ini atau pada Etoys terdapat flowcart dimana flowchartnya itu adalah peintah-perintah yang kita buat untuk membuat animasi bergerak seperti berikut


Flowchart Etoys


Flowchart biasa

Sebenarnya flowchart pada Etoys hampir sama dengan flowchart biasa yang sudah lebih dulu kita pelajari. Tetapi ada sedikit perbedaan flowchart pada e toys tidak memiliki start dan end, bahasa atau perintah yang digunakannya juga berbeda. Pada flowchart biasa sengaja saya buat sama perintahnya dengan flowchart Etoys agar lebih paham alur kerjanya dan dapat kita lihat perbedaannya pula.


Output

Berikut output animasi awal


Kura-kura mulai bergerak jalan maju



                                                                                                     
Kura-kura akan berbalik jika kura-kura menyentuh warna hitam 



Jadi membuat animasi pada Etoys lumayan mudah jika kita sudah paham bagaimana menggunakannya dan bagi yang baru mengunakannya terus pelajari agar bisa mengunakannya. Saya suka membuat animasi menggunakan E toys J
                                          
Semoga bermanfaat J








0 komentar:

Posting Komentar