Tentang Mata Kuliah Desain Pemodelan Grafik

Sabtu, 31 Desember 2011


Pada postingan kali ini saya diminta untuk mengomentari seputar matakuliah DPG. Mulai dari mana ya?? Okeh kalau gitu saya mulai dengan materi dari matakuliah DPG. DPG adalah mata kuliah softskill, materi dari matakuliah DPG ini banyak, lengkap dan bermacam-macam modelnya meliputi Grafik,Vektor, konversi grafik dan vektor, ada juga DPG untuk kebudayaan dan interaksi manusia dengan komputer, ada blender dan E-Toys juga dan yang terakhir adalah Visual Design Communication. Semua materi yang diberikan sesuai dengan SAP walaupun DPG ini hanya 1 SKS tapi materinya banyak dan sangat menambah wawasan sekali seperti E-Toys dan Blender dua materi itu saya belum penah mendengarnya apalagi menggunakannya tapi karena mata kuliah ini mempelajarinya maka saya menjadi tahu, karena sudah diajarkan dan di beri tugas oleh pak Andreas (dosen DPG) maka pada saat saya praktikum mata kuliah Grafkom saya sudah bisa menggunakan blender dan tidak bingung lagi karena sudah tahu dasarnya. Pada setiap pertemuan kita selalu diberi tugas sesuai materi yang diajarkan dan selalu diberi deadline pengumpulanya dan mengenai tugas dan deadline waktunya tidak ada masalah saya masih bisa untuk mengikutinya.

Setelah membahas mengenai materi lanjut ke metode pembelajaran dan penilaian pak Andeas. Untuk mata kuliah ini kami selalu selesai lebih awal karena pada saat dikelas pak Andreas hanya memberi tugas dan menerangkan sedikit materi tentang tugas yang akan dibuat. Walaupun hanya sebentar dan singkat tapi saya tidak susah untuk memahaminya karena pak Andreas sangat tetap pada sasaran saat menjelaskan dan saya juga jadi bertambah pengetahuannya hanya saja pada materi blender dan e-toys menurut saya kurang materinya karena tidak memberikan contoh pembuatannya sedangkan itu adalah hal baru buat saya, tapi ada baiknya juga sih saya jadi bisa mandiri.

Nah , masuk pada sistem penilaian pak Andreas jujur ini mata kuliah yang membuat saya selalu panik karena pak Andreas hanya memberikan nilai A,B dan E. Kita akan mendapat nilai A jika tugas kita bagus dan bukan hasil plagiat, kita akan dapat nilai B jika tugas kita biasa tapi bukan hasil plagiat, dan kita akan mendapat nilai E jika tugas kita hasil plagiat walaupun tugas kita bagus. Jujur tugas saya ada beberapa yang sedikit mengutip tapi sudah saya revisi ulang karena waktu itu pak Andreas pernah bilang kalau kita merasa tugas kita mengutip atau mengcopy dan tidak ingin mendapat nilai E maka kirim ulang tugasnya dan walaupun saya tidak banyak mengcopy tapi saya takut mendapat nilai E maka saya kirim ulang revisinya ya mudah-mudahan saja itu bukan merupakan plagiat menurut pak Andreas karena pak Andreas memiliki kriteria mengapa itu disebut plagiat.

Maaf ya pak sebelumnya, pak Andreas sedikit kurang konsisten yang pertama waktu itu bapak pernah bilang kalau bapak tidak suka jika tugasnya langsung to the point tapi disuatu hari bapak pernah mengatakan hal yang berbeda bahwa bapak suka jika tugasnya langsung pada permasalahan. Yang kedua bapak pernah bilang kalau kita merasa tugas kita itu banyak mengcopy dari sumber maka kirim ulang tugasnya agar tidak dapat E , tetapi pada hari yang berbeda bapak bilang kalau bapak tidak akan mentolerir plagiat dan langsung dapat E. Mudah-mudahan saja bapak inget dengan itu semua ya pak serem juga soalnya pak kalau dapet E maaf ya pak sebelumnya.

Ya itulah komentar saya seputar mata kuliah Desain Pemodelan Grafik maaf ya pak sebelumnya mudah-mudahan saya tidak dapat E ya pak dan tidak bertemu dengan bapak dengan mata kuliah yang sama. Ammiiiiinnnn J





0 komentar:

Posting Komentar