Postingan kali ini
adalah postingan tugas DPG yang terakhir disemester 5 ini mudah-mudahan ga
ngulang amin. Postingan kali ini adalah postingan mengenai Visual Design
Communication kalau kita artikan sendiri satu-satu menurut bahasa Indonesia
maka visual adalah gambar(sesuatu yang bisa dilihat), Design adalah desain /
model, dan Communication adalah komunikasi jadi kalau kita satukan artinya
adalah komunikasi yang dilakukan melalui media desain suatu gambar, logo dll.
Visual Design
Communication dikatakan baik jika memiliki 4 faktor yaitu:
- Estetika
- Psikologis
- Kebiasaan
- Lingkungan
Disini saya akan
langsung saja memberikan contoh dari Visual Design Communication yaitu logo
brand air mineral yang terkenal diIndonesia yaitu AQUA. Sekilas tentang AQUA ,
AQUA diproduksi oleh Aqua Golden Mississipi yang didirikan oleh Tirto Utomo
pada tahun 1973 dan bergabung dengan Danone pada tahun 1998. Logo AQUA itu
sendiri dibuat oleh Eulindra Lim karena menurutnya cocok untuk image air minum
dalam botol dan tidak sulit untuk diucapkan.
Sumber
gambar google
Gambar diatas adalah
logo dari AQUA dimana terdapat 2 logo yaitu logo yang dahulu dan logo yang
sekarang. Saya akan mencoba menganalisis perbedaan dari kedua logo tersebut. Yang
terlihat sekali perbedaannya adalah warna dari kedua logo walaupun pada
dasarnya kedua logo memiliki warna dasar yang sama yaitu biru dimana warna biru
itu memang menggambarkan warna air tetapi tetap memiliki perbedaan diantara kedua
logo , logo pada gambar1 hanya memiliki satu warna yaitu biru tua dan itu
terlihat monoton dan sedikit membosankan sedangkan pada gambar2 terdapat dua
kombinasi warna biru yaitu biru tua dan biru muda itu membuat logo terlihat lebih
dinamis dan tidak membosankan dan lebih mewakili keadaan atau warna air.
Kedua yaitu bentuk atau
struktur logo, pada logo gambar 1 terdiri dari font/tulisan AQUA dengan tiga
garis bergelombang yang sama. Tiga garis bergelombang itu menunjukkan atau
mewakili bentuk dari air yang kita ketahui memang biasanya disimbolkan dengan
garis bergelombang. Sedangkan pada logo gambar2 terdiri dari font/tulisan AQUA
dengan dua garis bergelombang tetapi kedua garis tersebut memiliki gelombang /
lengkukan yang berbeda , pada garis yang pertama garisnya lebih menyerupai
gambar gunung dan garis yang kedua menyerupai aliran air jadi kedua garis
tersebut menggambarkan air yang mengalir dari pegunungan dan itu sangat
mewakili sekali untuk image produk AQUA seperti slogannya Kebaikan Alam
Kebaikan Hidup dimana AQUA menggunakan air murni dari sumber mata air dari
pegunungan yang diproses secara alami yang sangat baik bagi kesehatan.
Dengan analisis diatas
maka dapat disimpulkan perubahan logo AQUA sudah terdiri dari 4 faktor Visual
Design Commonication yang baik yaitu:
- Estetika : nilai estetika yang diperlihatkan dalam rancangan logo AQUA sangat terlihat sekali dan logo AQUA dibuat oleh seseorang yang memiliki nilai seni tinggi dimana sangat memperhatikan sekali makna tiap detil dari gambar tersebut.
- Psikologis: logo AQUA tidak meninggalkan makna sesungguhnya karena AQUA dalam ilmu kimia itu adalah nama lain dari air.
- Kebiasaan: dibenak konsumen atau masyarakat air mineral itu adalah AQUA jadi kalau mereka membeli air mineral mereka tidak bilang “ saya ingin beli air mineral “ tetapi mereka selalu bilang “ saya ingin beli AQUA “ jadi apapun mereknya mereka cenderung menyebutnya dengan AQUA. Itu karena AQUA sangat terkenal dan banyak konsumennya sehingga semua terbiasa dengan menyebutnya AQUA.
- Lingkungan: factor lingkungan adalah sumber dari ketiga factor lainnya lingkungan Indonesia yang cenderung lebih panas dan masyarakatnya juga memiliki kegiatan yang banyak sehingga lebih cepat lelah dan haus maka hal itu membuat AQUA tepat untuk digunakan dan dapat menghilangkan rasa haus masyarakat sehingga banyak masyarakat yang memilih AQUA untuk menghilangkan rasa haus mereka.
Sumber :
1 komentar:
asskum mbak...
font yang digunakan untuk tlisan Aquanya pake apa ya..??thanks....
Posting Komentar